POM KOLINLAMIL GANDENG RESKRIM POLRES METRO JAKUT LATIHAN OLAH TKP


POM KOLINLAMIL GANDENG RESKRIM POLRES METRO JAKUT 
LATIHAN OLAH TKP

Jakarta, 5 Juni 2021 ------ Satya Wira Jala Dharma.  Polisi Militer Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar latihan fungsi Polisi Militer Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pembunuhan dan gantung diri yang berlangsung di Long room KRI Tanjung Kambani 971 yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (4/6).

Dalam latihan yang diikuti 40 personel, Polisi Militer Kolinlamil bekerjasama dengan tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) dari Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Utara.

Komandan Polisi Militer Kolinlamil Letkol Laut (PM) Wachid Komarudin, mengatakan latihan olah TKP pembunuhan dan gantung diri ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan profesionalisme prajurit Polisi Militer sebagai penyidik perkara dilingkungan TNI AL.

“Latihan Olah TKP pembunuhan dan gantung diri yang dilaksanakan prajurit Polisi Militer Kolinlamil ini untuk meningkatkan ketrampilan dan profesionalisme bila terjadi kasus-kasus tersebut. Sehingga prajurit Polisi Militer Kolinlamil dapat mengerti dan memahami prosedur olah TKPnya ”, jelas Danpom Kolinlamil.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa latihan Olah TKP pembunuhan dan gantung diri ini dilaksanakan sesuai dengan kejadian yang sebenarnya yaitu dari mulai tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, hingga tahap pengakhiran meliputi penyidik membuat laporan polisi, membuat sket bagan Olah TKP, penyidikan terhadap tersangka dan saksi serta penahanan tersangka untuk proses penyidikan.

Selain itu Danpom Kolinlamil juga menjelaskan latihan Olah TKP pembunuhan dan gantung diri ini dilaksanakan dalam rangkaian latihan Polisi Militer Kolinlamil pada triwulan II. 

“Polisi Militer Kolinlamil selalu memberikan latihan-latihan kepada prajurit POM Kolinlamil salah satunya adalah latihan Olah TKP pembunuhan, diharapkan dengan latihan-latihan secara berkelanjutan ini prajurit POM Kolinlamil menjadi prajurit yang profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Polisi Militer Angkatan Laut”, pungkasnya. 

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah menyampaikan bahwa Polisi Militer Kolinlamil mempunyai salah satu fungsi yang sangat penting yaitu penyidikan.

Menurutnya, Polisi Militer Kolinlamil harus meningkatkan ketrampilan dan profesionalismenya dengan Latihan untuk melatih kecakapan dan kemampuan dalam melakukan suatu penyidikan perkara dilingkungan Kolinlamil khususnya.

“Hal ini merupakan suatu tolok ukur bagi Polisi Militer Kolinlamil dalam melaksanakan tugasnya. Latihan ini salah satunya, untuk meningkatkan keterampilan, profesionalisme, juga melatih kemampuan," kata Panglima Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA