PANGLIMA KOLINLAMIL HADIRI SIDANG WANBANGOPSTIK KE-76 TAHUN 2021


PANGLIMA KOLINLAMIL HADIRI SIDANG WANBANGOPSTIK 
KE-76 TAHUN 2021

Jakarta, 15 Juli 2021 ------ Satya Wira Jala Dharma. Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Arsyad Abdullah menghadiri pembukaan sidang ke – 76 / 2021 Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) secara virtual dari Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (15/7). Acara yang dibuka Asisten Operasi Kasal Laksda TNI Dadi Hartanto ini berlangsung di Mako Koarmada II, Surabaya.

Panglima Kolinlamil mengatakan Wanbangopstik ini merupakan forum strategis bagi para Perwira TNI AL dalam melakukan pengkajian, pengembangan, dan pengujian doktrin-doktrin TNI AL. Untuk dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang berkaitan dengan tugas pokok yang diemban oleh TNI AL.

“Forum ini merumuskan pola operasi dan taktik  serta pengembangannya dengan menguji coba konsep operasi peperangan matra laut dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

TNI Angkatan Laut merupakan komponen utama pertahanan negara di laut sesuai undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, pada pasal 9, Angkatan Laut bertugas melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan.

Setiap kegiatan operasi dan latihan dapat terlaksana dengan baik dan lancar apabila didukung oleh petunjuk/doktrin-doktrin yang menjadi pedoman guna mencapai tujuan dan sasaran kegiatan  yang diharapkan, sehingga memperoleh pencapaian tugas secara optimal.

Sebagai penyempurnaan sistem dan mekanisme kerja organisasi TNI AL, maka sidang wanbangopstik kali ini mengambil tema “TNI Angkatan Laut melaksanakan sidang Wanbangopstik ke-76 tahun 2021 di Koarmada II guna menyusun petunjuk operasional dan taktis dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut”.

Panglima Kolinlamil juga menegaskan kegiatan Wanbangopstik akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan dengan pembahasan materi-materi yang menitikberatkan pada pengembangan Doktrin Operasi dan Taktik, sesuai dengan perkembangan situasi lingkungan strategis dan kondisi alutsista yang dimiliki.

Dikatakannya, sesuai dengan program Wanbangopstik direncanakan untuk dilaksanakan dua kali dalam setahun. Hal ini, dilakukan guna mengakomodasi tingginya dinamika operasional Angkatan Laut. TNI AL dituntut mampu mengatasi berbagai bentuk tantangan yang semakin kompleks dan dinamis.

Pada wanbangopstik ke-76 ini akan dibahas enam petunjuk sebagai berikut petunjuk penyelenggaraan latihan Koarmada, petunjuk penyelenggaraan latihan Kormar, petunjuk penyelenggaraan latihan Kolinlamil, petunjuk penyelenggaraan latihan Kodiklatal, petunjuk penyelenggaraan latihan Puspenerbal dan petunjuk penyelenggaraan latihan Pushidrosal. (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA