PERAN VITAL BABINSA SOKONG SUKSESNYA TMMD 111 BIAK


PERAN VITAL BABINSA SOKONG SUKSESNYA TMMD 111 BIAK

BIAK.   Bintara Pembina Desa (Babinsa) mempunyai peran vital dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD Reguler ke-111 Kodim 1708/BN, selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk pembangunan rumah bagi tokoh adat/Mananwir Bapak Galvin Mofu, di Desa Kandibundi Distrik Swandiwe Kab Biak Numfor. Kamis (08/07/2021). 

Hal itu dikarenakan, Babinsa adalah ujung tombak satuan teritorial. mereka cukup paham tempat-tempat mana saja yang menjadi sentral titik pemerataan pembangunan desa binaannya. Tidak hanya itu, selama ini para Babinsa yang paling dekat dengan warga masyarakat.

Seperti disampaikan Danramil 03/Biak Barat Kapten Inf Yakobus Obinaru saat berada di lokasi TMMD. menurutnya Babinsa memiliki peran yang sangat penting demi suksesnya TMMD, karena merupakan ujung tombak satuannya.

“Adapun Babinsa Desa Kandibundi, Sertu Hendro, pasti paham betul tentang potensi di desanya guna memperlancar jalannya proses pembangunan yang waktunya terprogram hanya satu bulan,” ujarnya,

Menurutnya juga, tugas yang tak kalah pentingnya adalah menggerakkan masyarakat desa binaannya itu untuk terlibat langsung di pekerjaan fisik dalam membangun infrastruktur maupun kegiatan non fisik TMMD berupa penyuluhan/sosialisasi dan pelatihan.

Dijelaskannya lanjut, TMMD sebenarnya bukan hanya semata mata untuk membantu pemerataan pembangunan Pemkab di pedesaan. Akan tetapi juga menjadi sarana koordinasi untuk lebih merekatkan sinergitas antara TNI, Polri, Pemda, dan segenap komponen masyarakat. 

“TNI menumbuhkan semangat masyarakat untuk bergotong royong penuh keikhlasan dalam membangun dan memajukan desa sasarannya,” tandas Danramil.

.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA