Satgas Pamtas Yonarhanud 16 Kostrad Rayakan Idul Adha 1442 H di Daerah Perbatasan




Satgas Pamtas Yonarhanud 16 Kostrad  Rayakan Idul Adha 1442 H di Daerah Perbatasan

Jakarta. Tujuh bulan telah dilalui di daerah Penugasan, dengan tidak mengurangi keimanan dan ketaqwaan terhadap sang pencipta, Tuhan Yang Maha Esa, prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Arhanud (Yonarhanud) 16 Kostrad merayakan Hari Idul Adha 1442 H dengan melaksanakan salat Idul Adha dan Pemotongan Kurban di Daerah Perbatasan di Makotis Satgas Pamtas RI- Malaysia, Jalan Fatahilah, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Selasa (20/7/2021). 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16 Kostrad Letkol Arh Drian Priyambodo, S.E, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Satgas, Jalan Fatahilah, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. 

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan ibadah yang dilaksanakan ini tetap menerapkan protokol kesehatan  dan mempedomani PPKM yang berlaku pada saat ini, meskipun dilaksanakan internal kita (Satgas), tetapi tidak mengurangi kekhidmatan.  Usai melaksanakan salat Ied berjamaah. Sebanyak dua ekor kambing siap dijadikan hewan kurban, dilanjutkan dengan distribusi yang ditujukan kepada warga sekitar Makotis. 

"Idul Adha atau yang biasa disebut Lebaran Haji ini merupakan salah satu hari raya umat Islam yang memiliki banyak makna. Salah satu diantaranya adalah makna berkurban dan berbagi kepada sesama," ungkap Dansatgas. 

Dalam ceramahnya, khotib menyampaikan bahwa hari raya Idul Adha atau hari raya kurban tidak dapat terlepas dari kisah teladan yang digambarkan dalam Al-Quran melalui seorang manusia yang mulia yaitu Nabi Ibrahim AS yang mampu menjalankan perintah Allah SWT untuk mengorbankan anaknya Nabi Ismail dengan cara menyembelihnya. 

Ujian yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dapat kita bayangkan, seorang Nabi pun mendapatkan ujian dari Allah SWT, apalagi kita sebagai manusia biasa. Hal ini, menunjukkan bahwasanya keislaman, keimanan dan ketakwaan kita akan terus diuji oleh Allah SWT untuk melihat dimana, pada level apa dan kualitas apa kita berada. 

Pada kegiatan pemotongan hewan kurban yang dihadiri oleh Dansatgas, Wadansatgas, dan seluruh perwira staf Satgas tersebut, dilakukan di halaman depan Mushola Makotis yang dilakukan oleh prajurit Satgas. 

"Nantinya, daging dari hewan kurban yang merupakan hasil sumbangan dari prajurit Satgas akan dibagikan secara langsung kepada warga sekitar Pos Kotis," tambah Dansatgas. 

"Ini merupakan sarana untuk memupuk rasa empati dan kepedulian kepada sesama," pungkasnya Dansatgas. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA