Kasal Laksamana Yudo Margono : TNI AL Telah dan Akan Terus Laksanakan 5 Prioritas Tanggulangi Covid-19


Kasal Laksamana Yudo  Margono : TNI AL Telah dan Akan Terus Laksanakan 5 Prioritas Tanggulangi Covid-19

Jakarta, 12 Agustus 2021, -- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat meninjau pelaksanaan donor darah regular dan plasma konvalesen di Kolinlamil, Kamis (12/8) menegaskan bahwa jajaran TNI Angkatan Laut (TNI AL) totalitas membantu pemerintah menanggulangi Covid-19. Beberapa prioritas yang telah dan akan terus dilaksanakan yakni, serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, menyediakan ketersediaan suplai oksigen, membuat dapur umum, meyediakan ruang atau tempat perawatan dan menyumbang darah dengan menyelenggarakan donor darah khususnya plasma konvalesen. 

Kasal menuturkan kegiatan-kegiatan tersebut sesuai dengan instruksi Bapak Presiden dan Panglima TNI untuk bersama-sama melaksanakan percepatan penanganan Covid-19. TNI AL melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim sejak 23 Juni 2021 telah mengerahkan seluruh Kesatuan di jajarannya dari Sabang sampai Merauke terutama menyasar daerah-daerah yang masih minim vaksinasi.  

Berkaitan dengan penyediaan suplai oksigen, TNI AL mengerahkan KRI Semarang-594 dan KRI dr. Soeharso-990 untuk memproduksi oksigen yang nantinya akan digunakan untuk menyuplai rumah sakit-rumah sakit dan warga masyarakat yang membutuhkan. Saat ini kedua kapal tersebut masih bekerja KRI Semarang-594 memenuhi oksigen masyarakat Bangka Belitung, sedangkan KRI dr. Soeharso-990 di Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu, pembuatan dapur umum untuk masyarakat yang menjalankan isolasi mandiri (Isoman) Korps Marinir TNI AL telah beberapa kali melaksanakannya terutama di Lampung dan Surabaya. TNI AL dalam penyediaan ruang atau tempat perawatan penderita Covid-19 selain memanfaatkan RS TNI AL juga memanfaatkan Gedung Dolos di Kwini Lanmar Jakarta dan Gedung Karang Pucung di Opak Surabaya sebagai tempat RS Darurat untuk perawatan pasien Covid-19 yang gejala ringan. 

Berkaitan donor darah konvalesen TNI AL baru kali ini melaksanakannya dan secara serentak, tetapi untuk donor darah regular prajurit TNI AL rutin melaksanakannya di Kotama-Kotama TNI AL maupun Pangkalan TNI AL. TNI AL dalam membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 ini akan terus melaksanakan 5 prioritas menangulangi Covid-19 bekerja sama dengan instansi pemerintah lainnya dan masyarakat.

Kasal  menuturkan bahwa kegiatan-kegiatan donor darah regular dan plasma konvalesen seperti ini sesuai dengan instruksi Bapak Presiden dan Panglima TNI untuk bersama-sama melaksanakan percepatan penanganan Covid-19. Semua sumber daya baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana dan prasarana  yang dimiliki supaya dimanfaatkan seoptimal mungkin.
 
Kegiatan donor darah serentak yang dilakukan seluruh jajaran TNI AL ini,  mulai dari Komando Utama TNI AL (Kotama), Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal dan Lanal)  diikuti lebih kurang 1.500 personil pendonor plasma konvalesen dan 5.000 personel pendonor darah regular. Khusus kegiatan di Kolinlamil ditinjau langsung Kasal yang didampingi pejabat utama TNI AL dan Pejabat PMI Pusat dan DKI Jakarta.

Menurut Kasal, pelaksanaan donor darah plasma oleh TNI AL tidak mempunyai target tertentu, namun akan dikerahkan sebanyak-banyaknya agar dapat bermanfaat untuk masyarakat dan khususnya pada masa pandemi seperti saat ini. “Tidak ada target, artinya bahwa kalau bisa kita sebanyak-banyaknya  namun demikian Angkatan Laut ini penyintasnya kurang lebih ada 4.500 dan keluarganya, tentunya untuk plasma konvalesen ada persyaratannya,” ujarnya.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA