KRI TELUK BINTUNI 520 KOLINLAMIL TNI AL TIBA DI JAKARTA, LANGSUNG TURUNKAN BANTUAN ALKES


KRI TELUK BINTUNI 520 KOLINLAMIL TNI AL TIBA DI JAKARTA, LANGSUNG TURUNKAN BANTUAN ALKES  

Jakarta, 16 Agustus 2021 ------ Satya Wira Jala Dharma.  KRI Teluk Bintuni 520 yang mendukung pengiriman bantuan dari Temasek Foundation kepada Indonesia dalam rangka membantu penanganan Covid-19 di Indonesia, tiba di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (16/8).

Kapal perang yang merupakan salah satu unsur dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dan berada dibawah kendali Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 2 Surabaya ini bertolak dari Dermaga Changi Naval Base, Singapura pada Jumat (13/8) kemarin.

Komandan KRI Teluk Bintuni 520, Letkol Laut (P) Andrik Irwanto, menyebut kapal perangnya mengangkut 798 ton bantuan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia yang akan diserahkan kepada pemerintah.

"Kami berangkat dari Changi Naval Base Singapura pada hari Jumat (13/8) dan sesuai jadwal tiba hari ini di dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Senin (16/8)," kata Komandan KRI Teluk Bintuni 520 yang alumni AAL tahun 2002.

Dia menerangkan, setelah sandar KRI Teluk Bintuni 520 akan langsung menurunkan bantuan peralatan medis yang terdiri dari konsentrator oksigen, ventilator, masker, dan obat-obatan dengan berat total 798 ton untuk diserahkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Letkol Laut (P) Andrik Irwanto juga menambahkan selama lintas laut operasi angkutan laut militer tersebut, berjalan dengan aman dan lancar. 

“Alhmadulillah selama pelayaran semua berjalan dengan aman dan lancar. Tidak ada kendala apapun. Para personel dan kondisi kapal dalam keadaan baik dan siap operasi” tuturnya. 

Sementara itu Panglima Kolinlamil, Laksma TNI Erwin S Aldedharma, mengatakan, tugas pokok Kolinlamil berdasarkan Perpres no 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI ialah selain melaksanakan pergeseran pasukan dan logistik dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP), juga mendukung bantuan angkutan laut dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Sebagai pembina angkutan laut militer TNI, Kolinlamil selalu siap mendukung sesuai perintah pimpinan TNI/TNI AL, dan disituasi pandemi Covid-19 ini siap mendukung pengiriman bantuan alat kesehatan dan obat-obatan ke wilayah NKRI” ujar Panglima Kolinlamil.

"Dalam waktu dekat KRI Teluk Manado 537 dan KRI Teluk Parigi 539  rencananya akan mendukung pendistribusian bantuan oksigen ke daerah atau wilayah yang membutuhkan" tambah nya. (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA