Mission Accomplished, TNI AL Tarik Mundur KRI Semarang-594


Mission Accomplished, TNI AL Tarik Mundur KRI Semarang-594

TNI Angkatan Laut melalui KRI Semarang-594 yang membantu krisis oksigen di Kabupaten Belitung berhasil memproduksi sebanyak 246.000 liter oksigen selama berada di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jumat (13/8/21)

Diketahui sebelumnya, KRI Semarang-594 yang merupakan Kapal Rumah Sakit unsur Koarmada I bergerak ke Provinsi Kepulauan Babel dengan membawa misi kemanusiaan membantu pemenuhan kebutuhan oksigen untuk penanganan COVID-19 di daerah tersebut telah memulai misinya pada Selasa (10/8).

Komandan KRI Semarang-594, Letkol Laut (P) Afrilian Sukarno Timur mengatakan KRI Semarang-594 mampu memproduksi 72.000 liter oksigen per hari.

"Sebagai Kapal Rumah Sakit, KRI Semarang-594 mampu memproduksi 72.000 liter perhari yang tentu lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen bagi penangan medis di atas kapal oleh karena itu kapasitas produksi ini dapat dimanfaatkan untuk mensuplai kebutuhan oksigen di daerah-daerah yang membutuhkan seperti yang dilaksanakan saat ini," jelasnya.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie di Tanjung Pandan mengatakan "Selama berada di Belitung, 41 tabung oksigen ukuran 6m3 telah berhasil diisi dan disalurkan melalui pemerintah daerah. Hal tersebut  sangat membantu proses transisi kekurangan oksigen di RSUD Marsidi Judono Belitung," tuturnya.

Menurut Wakil Bupati, kehadiran KRI Semarang-594 sangat membantu Kabupaten Belitung dalam menghadapi dan melewati krisis oksigen yang terjadi beberapa waktu lalu dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono beserta jajaran TNI Angkatan Laut yang telah terlibat dalam mengatasi krisis pasokan oksigen di Belitung yang kini mulai berangsur pulih seiring dengan kembali normalnya mesin produksi oksigen di wilayah Bangka Belitung yang mengalami kendala 2 pekan terakhir.

Dalam kesempatan terpisah, Panglima Komando Armada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P mengatakan bahwa, pengerahan KRI Semarang-594 merupakan implementasi komitmen pimpinan TNI AL, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam  membantu tugas pemerintah daerah sebagai salah satu tugas operasi militer selain perang TNI Angkatan Laut. 


"Kehadiran KRI Semarang-594 di Belitung yang mendapatkan sambutan baik dari pemerintah daerah dan masyarakat Belitung merupakan tambahan semangat bagi para Prajurit TNI AL, kususnya ABK KRI Semarang-594 dalam melaksanakan misi kemanusiaan penanganan Covid-19"


Lebih lanjut dikatakan, "Dengan kondisi yang ada saat ini, Koarmada I akan menyiagakan KRI Semarang-594 semaksimal mungkin, untuk siap digerakan sewaktu-waktu ke daerah-daerah yang membutuhkan suplai oksigen sesuai yang telah diinstruksikan oleh pimpinan TNI AL".

"Selain itu, bantuan penanganan Covid-19 juga dilakukan dengan mengerahkan potensi Pangkalan TNI AL di wilayah kerja Koarmada I dengan menggelar Vaksinasi Massal secara massif yang hingga saat ini masih tetap gencar dilaksanakan di wilayah kerja Koarmada I," pungkas Pangkoarmada I

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA