Sambut HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, TNI AL Gelar Serbuan Donor Plasma Convalescent di Lampung


Sambut HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, TNI AL Gelar Serbuan Donor Plasma Convalescent di Lampung

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung melaksanakan kegiatan “TNI AL Peduli” dengan menggelar Serbuan Donor Darah Plasma Convalescent dan Donor Darah Reguler bertempat di Mako Lanal Lampung, Panjang, Lampung, Kamis (12/8/2021).

Komandan Lanal Lampung Kolonel Laut (P) Nuryadi mengatakan bahwa kegiatan ini serentak dilaksanakan oleh jajaran TNI AL diseluruh Indonesia yang ditinjau langsung secara virtual oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan dihadiri oleh Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla selaku Ketua PMI Pusat dari Mako Kolinlamil Jakarta Utara.

Lebih lanjut Kolonel Laut (P) Nuryadi menyampaikan bahwa pelaksanaan donor ini bekerjasama dengan PMI Provinsi Lampung yang diikuti oleh Prajurit TNI AL yang terdiri dari Prajurit Lanal Lampung, Prajurit Brigif 4 Mar/BS, Prajurit Kolat Puslatpur 8 Marinir, Prajurit KRI Teluk Sibolga-536, Prajurit KRI Teluk Parigi-593, serta PNS Lanal Lampung dan Pengurus Jalasenastri Cabang 3 Korcab III DJA I.


“Dari kegiatan ini berhasil mengumpulkan sebanyak 19 kantong donor darah Plasma Convalescent dan 115 kantong donor darah regular, ini semua diserahkan kepada PMI Provinsi Lampung untuk distribusi bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Danlanal. 

Seperti kita ketahui bahwa plasma Convalescent penyintas Covid-19 ini telah menjadi terapi tambahan yang cukup efektif bagi penyembuhan pasien Covid-19.

Sebelum pelaksanaan donor, dilaksanakan beberapa tahapan prosedur meliputi, pendaftaran, cek tensi, tes HB dan pelaksanaan donor darah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA