Sebagai Duta Almamater dan Sarana Neworking Alumni Tujuh Lima Pertanian Universitas Padjadjaran Luncurkan Buku Kiprah Alumni



Sebagai Duta Almamater dan Sarana Neworking Alumni Tujuh Lima Pertanian Universitas Padjadjaran Luncurkan Buku Kiprah Alumni


Sebagai salah satu bentuk ungkapan terima kasih Alumni Tujuh Lima Pertanian (TULIP) Universitas Padjadjaran Bandung kepada Almamater dan para Dosen, yang telah mendidik sehingga bisa s huukses di dunia kerja maupun dunia usaha, kini TULIP UNPAD meluncurkan Buku dengan judul “Kiprah ALUMNI TULIP”, dimana buku tersebut banyak mengulas perjalanan para Alumni dari mulai masa plonco, masa perkuliahan, KKN, pengalaman di dunia kerja, dan biografi singkat para Alumni. Sehingga melalui Buku ini diharapkan dapat menjadi sarana sharing pengalaman dan “Best-Practices”. Hal tersebut diungkapkan Alumni Tulip Universitas Padjajaran yang saat ini Mengemban Amanah menjadi Rektor Universitas Islam Jakarta, Prof. Dr. Ir Raihan, M.Si.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa dibuatnya buku Kiprah Alumni Tulip Unpad ini juga sebagai wujud peran alumni sebagai Duta Almamater dan sarana Neworking dengan menghimpun pengalaman dan gagasan-gagasan dalam pengembangan almamater, karena didalamnya juga terdapat bagian epilog yang disampaikan bersama beberapa isu-isu penting sebagai masukan kepada almamater untuk mewujudkan konsep link and match antara Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja. 



Buku Kiprah Alumni TULIP UNPAD Bandung ini merupakan bentuk ungkapan terimakasih kita pada para Dosen yang telah suksus di dunia kerja, dimana buku ini mengungkapkan kisah para alumni, mulai dari alumni meninggalkan kampus, hingga suka dukanya pada saat masa Mapram (perpeloncoan) masa Perkuliahan, Masa KKN hingga pengalaman di Dunia Kerja, dan Biografi singkat para alumni. Dimana 130 Alumni 75 Pertanian Unpad, namun yang mengisi biografi sekitar 70 orang, sebagian mereka sudah purna tugas serta masih ada yang menjalankan tugas, khususnya di Universitas, dan kita berharap buku ini menginspirasi bagi adik-adik kami dimanapun mereka berada.

Dalam Kiprah maupun perjalanan di dunia kerja, ada yang merupakan contoh kiprah alumni yang konsisten terhadap bidang profesi, ada yang mempunyai liku-liku perjalanan, sehingga mencapai suatu hal yang boleh dikatakan fashionnya sendiri dan lain sebagainya.

Dalam buku ini juga mendapatkan Testimoni dari berbagai tokoh Universitas Padjadjaran serta alumni, yaitu Prof. Dr. Ir Ganjar Kurnia (angkatan 74) beliau pernah menjadi Rektor Unpad pada tahun 2007 sampai 2015, dan sekarang menjadi ketua Senat Universitas Padjadjaran 2020-2025, kemudian juga dari  Dr. Ir. Wuri Wuryani, M.Sc-H72011 (Peneliti LIPI), bekerja sebagai Inspektur pada  Organisasi Pelarangan Senjata Kimia atau  The Organization for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW) yang pernah menerima  Hadiah Nobel  Perdamaian Tahun 2013, yang mengungkapkan bahwa persahabatan, rasa kebersamaan selama meraih ilmu di Fakultas Pertanian Unpad terbukti tidak luntur, bahkan setelah berkiprah puluhan tahun, namun tetap solid. Testimoni dari alumni yang lain, adalah Ir. Iwan Abdulrachman (Angkatan 65/ aktivis pecinta lingkungan serta seniman pencipta lagu) yang kita sering dengar, banyak lagu-lagu yang dari beliau. Dan beliau juga mempunyai tanggapan yang positif terhadap buku ini.



Di samping itu buku Kiprah Alumni Tulip Unpad ini juga mendapat sambutan-sambutan dari Dekan Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran yang hari ini menjabat, Dr. Ir Meddy Rachmadi, dimana buku berbagai pengalaman dan pemikiran Alumni ini telah menjadi masukan untuk mencapai salahsatu misi Fakultas Pertanian Unpad, yaitu Menyelenggarakan Pendidikan Pertanian yang ampu memenuhi tuntutan para pengguna jasa pendidikan tinggi serta upaya Unpad dalam meningkatkan SDM yang mumpuni serta berkarakter RESPECT (Responsible, excellent, Scientific, Rigor, Professional, Eencouraging, Creative dan Trust).



Sambutan juga diungkapkan Ketua Keluarga Alumni Fakultas Pertanian (KAFP) Universitas Padjadjaran, Ir. H Arya Yudas, MM, yang mengapresiasi Alumni angkatan 1975, yang dimasa Pandemi Covid 19 saat ini, namun tetap bersemangat melakukan sharing pengetahuan melalui penerbitan buku, untuk memperkaya khasanah literature di lingkungan Fakultas Pertanian Unpad serta masyarakat umum.



Ketua Alumni TULIP Universitas Padjadjaran, Ir. H Laksmo Imawanto juga mengungkapkan bahwa sejak awal berdirinya TULIP UNPAD, kami bersepakat bahwa TULIP bukan sekedar wadah berkumpul dan bernostalgia, namun lebih dari itu, meskipun program yang kami cetuskan belum sepenuhnya tercapai, namu ada beberapa kegiatan TULIP yang layak dikenang dan dibanggakan.

Salah satunya adalah inisiatif kami, alumni TULIP untuk menyelenggarakan acara seminar nasional yang cukup prestisisus, dengan tema : “CEO Dialogue: Menuju Undang-Undang Perkebunan Yang Komprehensif dan Egaliter”, tanggal 23 Juli 2003, bertempat di Hotel Dharmawangsa, Jakarta. Hadir sebagai nara sumber dalam acara tersebut, beberapa diantaranya adalah alumni Faperta Unpad. Menteri Pertanian Prof. Dr. Ir. Bungaran Saragih, M.Ec, memberikan Keynote Speech, dan alumni Unpad yang menjadi nara sumber adalah Gubernur Bank Indonesia Ir. Burhanuddin Abdullah, MA dan Ketua Komisi III DPR RI Ir. Awal Kusumah, M.Sc. Bertindak selaku moderator adalah Prof. Dr. Ir. Tuhpawana P, Dekan Fakultas Pertanian Unpad saat itu. Acara tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan "Deklarasi KAFP Unpad" yang dibacakan pada saat Reuni Akbar KAFP Unpad, 3 Agustus 2003, di Bumi Sangkuriang Bandung. 

Memasuki tahun 2020, rata-rata alumni TULIP sudah berkiprah di bidangnya selama 40 tahun, sudah banyak yang pensiun, meskipun bagi dosen, guru besar atau mereka yang terjun sebagai entreprenuer mungkin masih berkiprah di bidangnya. Dalam usia para alumni yang sudah lanjut, dengan segala keterbatasan fisik yang ada, kami berharap masih bisa berkontribusi atau sharing dalam bentuk pemikiran-pemikiran atau pengalaman, yang mungkin bermanfaat bagi Almamater, atau para alumni yunior Unpad pada umumnya, dan khususnya alumni Fakultas Pertanian. 

Dalam perspektif itulah maka kami bersepakat untuk menulis dan menerbitkan buku "Kiprah Alumni TULIP". Di tengah masih merebaknya pandemi COVID-19, kami secara intensif melakukan pertemuan secara daring, untuk membahas penerbitan buku ini Konsep buku ini sengaja dibuat berbeda dengan buku-buku alumni pada umumnya, yang hanya memuat biodata singkat para alumni dan foto-foto yang dominan. Buku ini utamanya menggali pengalaman-pengalaman alumni, ketika menjadi mahasiswa maupun ketika sudah terjun di dunia kerja, serta pemikiran-pemikiran atau best-practice dari para alumni selama puluhan tahun menggeluti profesinya.

Kami mengharapkan hal tersebut bisa menjadi masukan kepada Almamater ataupun para alumni yunior dan mahasiswa. Buku ini juga menyediakan ruang yang cukup untuk menampilkan narasi biografi singkat masing-masing alumni, sehingga dapat menjadi sisi human interest dari buku ini, kami atas nama pengurus Tulip menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tidak terhingga kepada para rekan alumni Tulip yang sudah bersedia menyisihkan waktu dan memberikan sumbangan tenaga dan pemikiran baik secara tertulis maupun melalui wawancara secara daring para alumni juga telah menyisihkan banyak waktu untuk wawancara seputar pengalaman dan pemikiran selama berkiprah di dunia kerja sehingga buku ini bisa menjadi kenangan atau Legacy bagi anak cucu dan generasi berikut serta bermanfaat bagi masyarakat banyak, papar Ir.H Laksmo Imawanto.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA