TNI AL Gelar Latihan Guna Pertajam Kemampuan Personel dan Kesiapan Alutsista


TNI AL Gelar Latihan Guna Pertajam Kemampuan Personel dan Kesiapan Alutsista

Jakarta, 13 Agustus --- Menjadikan suatu motivasi untuk berinovasi agar tetap dapat mengasah serta mempertajam kemampuan personel dan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI Angkatan Laut melalui suatu latihan. Demikian salah satu penekanan Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han) dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasal Laksamana Pertama TNI Wasis Priyono, S.T., M.Tr.(Han) saat membuka Rapat Evaluasi Latihan TNI AL Semester I TA 2021 bertempat di Selasar Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Kamis (12/8).

Kegiatan rapat evaluasi latihan TNI AL yang dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI AL (Kadisopslatal) Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono, S.E., Irut Lat Itjenal Kolonel Mar Budi Setyoko, M.M., M.Tr. Opsla., serta para pimpinan Mabesal lainnya dan secara video conference (vicon) oleh jajaran Staf Operasi Kotama dan Satker se-Indonesia ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan latihan TNI AL yang telah dilaksanakan pada Semester 1 tahun 2021, guna memperoleh masukan yang konstruktif dalam pelaksanaan latihan TNI AL kedepannya.

Asops Kasal menjelaskan bahwa latihan adalah sarana untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan personel serta mengukur kesiapan Alutsista agar siap digunakan untuk melaksanakan operasi. “Keberhasilan sebuah operasi sangat erat kaitannya dengan penyelenggaraan latihan,” jelas Asops Kasal dalam sambutan yang dibacakan Waasops Kasal.

Lebih Lanjut, Asops Kasal menekankan untuk bagian perencana dan penyelenggara latihan perlu bersinergi dengan baik untuk merancang suatu latihan yang sesuai dengan situasi yang dihadapi saat ini. “Pandemi Covid-19 yang masih terjadi sampai saat ini bukan menjadi penghalang bagi TNI AL untuk melaksanakan latihan”. Pungkasnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan personel TNI AL untuk meningkatkan motivasi agar tetap dapat mengasah serta mempertajam kemampuan personel dan Alutsistanya. Hal ini merupakan Program Prioritas Utama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S. E., M. M., yang sejalan dengan visi nasional untuk memajukan bangsa Indonesia melalui peningkatan keunggulan SDM-nya dalam hal operasi dan latihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi saat ini.

Dalam rapat tersebut para pemapar secara vicon yang terdiri dari seluruh jajaran Staf Operasi TNI AL Kotama atau Satker diluar Mabesal memaparkan hasil dan evaluasi latihan Semester I TA 2021 pada Kotama atau Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) masing-masing sebagai bahan diskusi dan saran masukan dalam rangka melaksanakan latihan di Semester II dan tahun-tahun ke depan.

Mengakhiri sambutan, Asops Kasal menekankan kepada seluruh Kotama dan peserta evaluasi latihan untuk memanfaatkan forum ini sebagai media untuk memecahkan berbagai permasalahan dan temuan yang terjadi dalam latihan-latihan sebelumnya agar tidak terulang di masa mendatang, sehingga diharapkan penyelenggaraan latihan di Semester II dan tahun berikutnya dapat berjalan lebih optimal.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA