Universitas Islam Jakarta Gelar Webinar Nasional "Beriman Berakhlak dan Berprestasi di Perguruan Tinggi"


Universitas Islam Jakarta Gelar Webinar Nasional "Beriman Berakhlak dan Berprestasi di Perguruan Tinggi"


Universitas Islam Jakarta (UID) sebagai salah satu Universitas Islam tertua di Indonesia, kini terus memberikan bekal pada generasi muda, untuk menjadi generasi yang beriman, berakhlak dan berprestasi. Dan pada Sabtu 14 Agustus 2021, UID menggelar webinar nasional dengan tema "Beriman Berakhlak dan Berprestasi di Perguruan Tinggi", dengan menghadirkan pembicara Dinil Abrar, S.Pd.M.Pd (Mahasiswa Program Doktor UID) Serta Serly Annavita Rahmi. S.Sos.M.Si (Praktisi Pendidikan) dengan Keynote Speakers Prof. Dr. Ir Raihan M.Si (Rektor Universitas Islam Jakarta) dan moderator Kunaenih (dosen UID).


Dalam sambutannya Wakil Rektor III Universitas Islam Jakarta, Edy Sohara SE.MM menegaskan, bahwa Pemuda merupakan Harapan Bangsa yang juga sebagai generasi penerus, untuk itu mahasiswa harus bisa menjadi agen perubahan, dan mahasiswa harus menjadi generasi yang beriman dan bertakwa yang harus percaya bahwa segala sesuatu adalah kehendak Allah SWT, dan setiap masalah Ada solusinya serta kita harus meyakini bahwa kita mampu menjalankan cita-cita yang kita inginkan.


Jadi keberhasilan itu tercapai karena keimanan dan ketekunan dan prestasi di Perguruan Tinggi bisa diraih dalam bentuk Akademis maupun non akademis. dan di Universitas Islam Jakarta kita punya wadah untuk prestasi tersebut, baik secara akademis maupun non-akademis, dan wadah tersebut dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Universitas Islam Jakarta akan mengapresiasi prestasi yang diraih, baik oleh mahasiswa maupun dosen dengan memberikan penghargaan maupun beasiswa.


Untuk itu bagi lulusan SMA/K, MA calon mahasiswa, mari bergabung di Universitas Islam Jakarta agar para Pemuda sebagai penerus bangsa dapat meraih prestasi yang diinginkan, papar Edy Sohara, MM.

Dalam paparan selaku Keynote Speakers, Prof Raihan menegaskan bahwa untuk menjadi Generasi Penerus Bangsa, maka harus Beriman, Baraklak dan Berprestasi di Perguruan Tinggi, dengan mengkolaborasikan ketiga hal tersebut maka dalam menjalankan kehidupan kita bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi diri sendiri keluarga dan bagi orang lain.


Sebagai Manusia yang diciptakan di Bumi ini, maka kita punya tanggungjawab dalam mengolah dan melestarikan bumi dan memakmurkannya, dengan kedudukannya sebagai manusia kita diperintahkan oleh Sang Pencipta, bahwa manusia tidak lain untuk beribadah, artinya selama kita di dunia punya aktivitas apapun yang berkaitan dengan keterampilan, keahlian itu harus menggandengkan tujuannya untuk dunia dan akhirat. bahwa kita diberikan nikmat oleh Allah SWT yang tentunya, nikmat ini yang harus kita syukuri sebagai bekal manusia untuk mengolah alam, melakukan aktivitasnya yang sudah dijanjikan, dan sudah disediakan oleh Allah SWT, dan tentunya bagi kita semua harus dengan ilmu dan pengetahuan.


Ada tiga kata kunci hari yaitu Iman, Akhlak dan Prestasi, jadi kita harus betul-betul menjalankan rukun iman dengan keyakinan yang sepenuh hati, sepanjang Hayat terus belajar dalam berproses menggalinya. artinya membenarkan dalam hati diucapkan dengan lisan dan diamalkan dengan tindakan atau perbuatan, kemudian ada manusia tentunya dalam berhubungan dengan manusia makhluk lain dan Allah SWT yang berkaitan dengan vertikal dan horizontal, maka diperlukan akhlak. Yaitu suatu sifat yang tertanam dalam jiwa dan daripadanya timbul perbuatan-perbuatan yang tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.

Imam Al Ghazali juga menjelaskan, bahwa akhlak adalah keadaan jiwa seseorang yang mendorong untuk melakukan perbuatan, jadi akhlak merupakan tolak ukur kesempurnaan Iman seorang manusia. di dalam hal Prestasi, kelompok-kelompok orang, dan ini terus kita harus diupayakan sesuai dengan kemampuan dan fashion kita, ini juga harus menjunjung tinggi ilmu, yaitu Beriman, berakhlak dan mampu berprestasi, ketiga hal ini kalau kita betul-betul melakukannya maka kita akan mencapai Nalar yang kritis dan punya pemikiran yang kreatif, juka nalar yang kritis dan kreatif itu, maka kita punya kualitas, dan kita bisa mandiri serta mempunyai manfaat bagi orang lain, papar Prof Raihan.

Sementara Dinil Abrar Sultani, S.Pd.M.Pd dalam paparannya dengan juduk "Mahasiswa Teladan" juga menjelaskan bahwa untuk mencapai mahasiswa teladan maka yang pertama adalah Kuat Iman, dan keimanan itu harus dibuktikan dalam bentuk kewajiban kita sebagai Umat Islam, sementara untuk meraih prestasi, maka sebagai orang yang belajar di Kampus, kita harus membiasakan diri membaca buku, membaca jurnal, mendengarkan kajian dari dosen dan sebagainya, sehingga ilmu itu bisa membekali kita dalam suatu keamalan, dan ketiga adalah memperkuat Relasi, karena dengan memperkuat relasi atau pertemanan, maka peluang kita untuk sukses dan berhasil dalam prestasi lebih besar, dimana ketika kita dikenal banyak orang, maka kita akan lebih mudah mengembangkan diri, untuk Mahasiswa jangan Kuper/Kurang pergaulan, namun perbanyak Silaturahmi, pintanya. (Nrl).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA