20 Perwira Remaja AAL 66 Siap Memasuki Gerbang Penugasan Koarmada I


20 Perwira Remaja AAL 66 Siap Memasuki Gerbang Penugasan Koarmada I

Jakarta,- Sebagai tanda diresmikannya penugasan awal 20 Perwira Remaja lulusan Akademi Angkatan Laut Angkatan 66 di lingkungan Koarmada I, dilaksanakan acara tradisi penerimaan dipimpin oleh Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., bertempat di Dermaga Sunda, Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Jumat (3/9/2021).

Acara tradisi digelar sebagai simbol penyambutan terhadap Perwira Remaja lulusan AAL 66 yang telah resmi sebagai Prajurit Koarmada I. Mereka nantinya akan mengawaki KRI di jajaran Koarmada I sesuai korps masing-masing.

Acara tradisi ditandai dengan penyiraman Tirta Putra Samudra oleh Pangkoarmada I didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada I dan Pengucapan Ikrar oleh Perwira Remaja. Hal ini dijadikan sebagai doa restu dan harapan agar mereka kelak akan menjadi pemimpin TNI AL yang tangguh, handal, dan berintegritas.

Dalam sambutannya, Pangkoarmada I menyampaikan bahwa penugasan di KRI merupakan awal dalam meniti karir di lingkungan TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu, persiapkan mental dan fisik, belajar dan berlatih dengan keras, serta bekerja secara baik untuk menambah wawasan pengetahuan sesuai lingkup penugasan di KRI yang akan dijalani, karena KRI merupakan ujung tombak Koarmada I dimedan penugasan.

"Penugasan awal Perwira Remaja TNI AL di KRI sangat diperlukan untuk membentuk dan meletakkan dasar-dasar kepemimpinan dalam pengembangan karier selanjutnya. Kehadiran Perwira Remaja di KRI memiliki peranan yang sangat penting karena perwira pada hakikatnya adalah pemimpin dan manager yang harus mampu mengemban fungsi-fungsi kepemimpinan dan manajemen," ujar Pangkoarmada I.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pada hakikatnya Perwira Remaja adalah prajurit yang dipersiapkan sebagai kader-kader pemimpin TNI Angkatan Laut dimasa depan. Oleh karena itu, profesionalisme dan komitmen yang kuat dalam memajukan organisasi merupakan tuntutan dinas yang tidak dapat ditunda lagi dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis saat ini. 

Diakhir sambutannya  Pangkoarmada I menyampaikan beberapa penekanan yakni selalu tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah

Prajurit, Delapan Wajib TNI, dan Trisila TNI AL dalam setiap penugasan. Pangkoarmada I juga menghimbau kepada Perwira Remaja untuk menerapkan Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL dalam kehidupan sehari-hari, serta jaga dan pertahankan kondisi fisik masing-masing individu untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

"Untuk Perwira Senior khususnya Komandan KRI dan Komandan Satuan agar membimbing dan membina para Perwira Remaja yang akan bergabung di KRI jajaran Koarmada I ini dengan baik dan ajarkan mereka etika perwira, kehidupan khas TNI AL, serta pengetahuan sebagai prajurit matra laut yang tangguh. Kepada Perwira Remaja agar terus belajar dan berlatih tanpa lelah, jadilah prajurit matra laut yang profesional dan menjadi kebanggaan kita semua karena TNI AL berada dipundak kalian." ungkap Laksda Arsyad.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA