Elemen Pemuda Maritim dan Forum Kerukunan Umat Beragama Banjarmasin Dukung Penuh Serbuan Vaksinasi TNI AL


Elemen Pemuda Maritim dan Forum Kerukunan Umat Beragama Banjarmasin
Dukung Penuh Serbuan Vaksinasi TNI AL

Jakarta, 17 September 2021,- Sejumlah tokoh pemuda maritim,  Mahasiswa dan Forum Kerukunan Umat Beragama di Kalimantan khususnya Banjarmasin mendukung penuh program serbuan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut (TNI AL) di seluruh kawasan Indonesia khususnya di wilayah Banjarmasin. 

Dukungan tersebut disampaikan saat berkesempatan melaksanakan bersilaturahmi dan berdialog dengan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., disela-sela kunjungan kerjanya ke Provinsi Kalimantan Selatan khususnya Lanal Banjarmasin dan Kotabaru. Peran pemuda sangat diperlukan dalam mendukung kebijakan pemerintah penanganan vaksin Covid-19 kepada masyarakat maritim dan pemberdayaan perekonomian maritim serta semangat kebangsaan dalam membentengi Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jumat (17/9), 

Dialog diikuti para tokoh pemuda Banjarmasin diantaranya Ketua KNPI Fazlur Rahman, Ketua GMNI Luthfi Rahman, Ketua HMI Zainuddin, Ketua PMII Khairul Umam, Ketua KAMMI Alfianor, Sekretaris Pemuda Pancasila Khalikin, Pemuda Muhammadiyah Takdir Ali Syahbana,  FKUB  P. Ilham dan GP Ansor Gusti Taufiq Hidayat. Sementara itu, Kasal didampingi Koorsahli Kasal Laksda TNI Roberth W. Tappangan, S.H., Aspotmar Kasal, Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Edi Krisna Murti, Sekdispenal, Paban I Jakrenstra Srenal serta Danlanal Banjarmasin.

Para tokoh pemuda ini menyampaikan beberapa pandangan terkait dengan kegiatan vaksinasi dan program Indonesia sebagai poros maritim dunia. Mereka menyampaikan komitmennya yang sangat tinggi untuk mendukung program serbuan vaksinasi yang dilakukan TNI AL di Kalimantan Selatan, terkait masih rendahnya peran partisipasi masyarakat Kalimantan Selatan yang sudah menerima vaksin. Para tokoh pemuda ini berharap dapat lebih dilibatkan dalam kegiatan vaksinasi. 

Pada bagian lain, tokoh pemuda ini juga mengharapkan peran TNI AL yang sangat dibutuhkan terkait kondisi geografis Kalimantan Selatan yang banyak dialiri dan dihubungkan dengan sungai-sungai besar dan kecil, sehingga sangat membutuhkan TNI AL untuk menjaga dan mengamankannya. “Sungai-sungai yang ada merupakan urat nadi perekonomian yang sangat vital di Kalsel,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kasal sangat mengapresiasi keinginan para tokoh pemuda tersebut dan mengajak mereka untuk membantu menyosialisasikan program pemerintah dalam pelaksanaan percepatan Vaksinasi di Kalimantan Selatan. Saat ini TNI AL masih terus melaksanakan program vaksinasi dengan prioritas awal kepada masyarakat maritim di daerah pesisir, pantai dan pelabuhan, selanjutnya diarahkan kepada pelajar dan pondok pesantren, pekerja dan masyarakat umum. 

“TNI AL bukan hanya siap digerakkan dalam penanganan Covid-19, tetapi juga  siap untuk membantu kegiatan tanggap darurat  bencana khususnya saat ini kita sudah mulai memasuki musim hujan, musibah banjir akan sangat mungkin terjadi. Pangkalan TNI AL di semua daerah telah diinstruksikan untuk menyiagakan tim bantuan penanggulangan banjir,” tegas Kasal.

Laksamana TNI Yudo Margono juga menyampaikan bahwa, saat ini TNI AL sedang membangun Kampung Bahari Nusantara (KBN).  Keberadaan KBN diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir yang masih masuk dalam kategori kurang mampu. Masyarakat pesisir harus dapat meningkatkan taraf kehidupannya. “TNI AL akan membantu masyarakat melalui Kampung Bahari Nusantara dalam memfasilitasi dan mencarikan solusi pemecahan masalah yang ada di Kampung Bahari Nusantara,” tutur Kasal.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA