MENEGANGKAN, ABK PELABUHAN PRIOK DISAMBANGI SERBUAN VAKSIN MARITIM TNI AL


MENEGANGKAN, ABK PELABUHAN PRIOK 
DISAMBANGI SERBUAN VAKSIN MARITIM TNI AL 
Jakarta, 8 September 2021 ------ Satya Wira Jala Dharma. Meskipun sempat menegangkan bagi para Anak Buah Kapal (ABK) kapal – kapal dagang disekitar pelabuhan Tanjung Priok dan Perairan Teluk Jakarta, Komando Lintas Laut Militer TNI AL bergerak cepat menuntaskan vaksinasi. Mereka menjemput para anak buah kapal (ABK) yang kapalnya lego jangkar maupun yang sedang sandar untuk divaksin.
Seperti dilakukan di sejumlah kapal yang sedang sandar atau lego di Perairan Teluk Jakarta, Rabu (8/9) pagi. Vaksinasi digelar pagi, mengantisipasi cuaca buruk yang rawan muncul. Satgas Covid 19 Kolinlamil TNI AL menggunakan tactical boat ketika mendatangi para ABK. Setiap kapal didatangi.
Lalu, didata seluruh ABK-nya. Jika belum divaksin, langsung dilakukan pemeriksaan. Ketika memenuhi syarat langsung dilakukan vaksinasi. Kebanyakan mereka ABK kapal dagang atau niaga. Setiap kapal rata-rata memiliki 20-30 orang ABK.
“Ini untuk mendukung percepatan vaksinasi. Dan juga dalam rangka momentum peringatan HUT TNI AL ke-76, Kita sambangi para ABK yang lego jangkar di tengah laut atau yang sandar di Pelabuhan,” kata Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma.
Vaksinasi metode jemput bola ini, kata Panglima Kolinlamil, mempermudah para ABK mendapatkan vaksinasi.
Mereka tak lagi mengantre. Meski di atas kapal, tahapan vaksinasi tetap sama. Setiap ABK didata. Lalu, menjalani skrining kesehatan. Jika memenuhi syarat, dilanjutkan dengan vaksinasi.
“Ini ada yang baru vaksinasi dosis pertama dan juga ada yang akan dosis kedua,” jelas Kadiskes Kolinlamil Letkol Laut (P) Slamet Rahardja. Karena di atas kapal, para ABK ini langsung bisa divaksin tanpa menunggu lama. Prosesnya pun cepat. Usai divaksin, mereka menjalani observasi. Kolinlamil tidak mentargetkan namun terus memburu para pelaut atau ABK yang belum terjangkau vaksin.
Sehingga, ketika para ABK turun ke daratan, mereka sudah tervaksin. Ini menghindari kemungkinan terpapar Covid. Jika sudah divaksin, imunitas berpotensi terjaga. Sehingga, mampu melawan serangan Covid.
Vaksin untuk ABK ini, jelas Panglima Kolinlamil, merupakan respon TNI AL sesuai instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk menjangkau  para pekerja di kawasan Pelabuhan dan Anak Buah Kapal yang kesulitan mendapatkan vaksin karena terhalang pekerjaan. Selama ini, mereka berada dilaut hingga berminggu-minggu. Kondisi ini membuat mereka tak memiliki waktu luang mengikuti vaksinasi massal di daerah masing-masing.

“Kolinlamil TNI AL akan terus laksanakan serbuan vaksinasi maritim ini,” pungkas Panglima Kolinlamil. Para ABK menyambut semangat serbuan vaksinasi maritim TNI AL dari Kolinlamil ini. 
Apalagi, tidak antre. “Saya sudah tiga minggu berlayar, tidak luang waktu untuk ikut vaksin di rumah.
Ini sangat membantu dengan serbuan vaksin di atas kapal,” kata Roy Ahmad, salah satu ABK asal Cirebon. Pria ini pernah mencoba ikut vaksinasi di tempat tinggalnya saat libur layar. Namun, harus antre terlalu panjang.
Tak jarang kehabisan kuota vaksin. Waktu bertemu keluarga juga berkurang. Serbuan vaksin maritim TNI AL ke kapal-kapal niaga sangat bermanfaat bagi para ABK yang jarang sandar.(Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA