Pangkalan TNI AL Ranai Gelar Pelatihan Binwiltasla dengan Protokol Kesehatan Ketat


Pangkalan TNI AL Ranai Gelar Pelatihan Binwiltasla dengan Protokol Kesehatan Ketat

Natuna,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ranai secara resmi membuka Pelatihan Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut Tahun 2021 (Binwiltasla) bertempat di Mess Tjiptadi Lanal Ranai, Jalan Yos Soedarso No.1, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, Senin  (6/9/2021).

Kegiatan Pelatihan Binwiltasla akan dilaksanakan selama dua hari tanggal 6 sampai dengan 7 September 2021 dengan metode  praktek dan klasikal antara lain Sosialisasi UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, Pengetahuan Wawasan Kemaritiman, Radikalisme dan Narkoba, Pelajaran Kelautan dan Kemaritiman, Latihan PBB (Peraturan Baris Berbaris), Latihan Penanggulangan Kebakaran, dan Latihan PPGD (Penanggulangan Penderita Gawat Darurat).

Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir menyampaikan bahwa Pelatihan Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut sangat penting bagi seluruh warga negara terutama bagi yang berdomisili di wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga untuk menumbuhkan karakter cinta tanah air Indonesia. Selain itu, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran, sikap mental dan disiplin serta perilaku para peserta agar menjadi pribadi yang berkarakter dan berjiwa nasionalisme.

“Kegiatan Binwiltasla ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Satkowil-Satkowil TNI Angkatan Laut yang berbatasan dengan negara tetangga, dengan tujuan untuk meningkatkan dan menumbuh kembangkan kesadaran, disiplin dan sikap mental peserta agar menjadi warga negara Indonesia yang berkarakter dan berjiwa nasionalisme,” ujar Danlanal Ranai. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan Binwiltasla  Tahun 2021 ini masih dalam masa pandemi Covid-19 yang telah berdampak pada tatanan kehidupan sosial bermasyarakat seperti yang kita semua rasakan. Oleh karena itu, kita wajib mendukung kebijakan pemerintah dan melindungi diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Adapun sasaran kegiatan Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut adalah para generasi muda yang berada di wilayah perbatasan yang memiliki perbatasan laut dengan negara-negara tetangga (Pulau Terdepan), dengan melibatkan 50 orang generasi muda yang berdomisili di wilayah perbatasan Kabupaten Natuna yakni Saka Bahari, Mapala STAI Natuna, KNPI Natuna, Pemuda Pancasila, dan Karang Taruna Desa Tanjung.

(Dispen Koarmada I).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA