Tim Gabungan TNI AL Lanal Babel, Satpolairud, Basarnas, KSOP dan KKP, BPBD Laksanakan SAR ABK KMP. Jembatan Musi 1*


Tim Gabungan TNI AL Lanal Babel, Satpolairud, Basarnas, KSOP dan KKP, BPBD Laksanakan SAR ABK KMP. Jembatan Musi 1

Babel,- Posal Muntok jajaran Lanal Babel bersama Basarnas, Satpolairud, KKP, KSOP dan BPBD Kab. Bangka Barat serta dibantu oleh nelayan sekitar melaksanakan SAR kepada salah satu ABK KMP. Jembatan Musi I yang hilang tenggelam di Perairan Tanjungkalian Muntok Kab. Bangka Barat, Selasa (21/9/2021).


Sehari sebelumnya ABK KMP. Jembatan Musi 1 selesai belanja logistik didarat hendak kembali ke kapal menggunakan sekoci, ditengah perjalanan sekoci kehilangan kendali sehingga masuk air dari belakang karena ombak disertai angin kencang membuat sekoci tenggelam. Empat ABK kapal diselamatkan oleh kapal nelayan yang sedang melintas dan dievakuasi ke Pelabuhan PT. ASDP Tanjung Kalian Muntok Kab. Bangka Barat, selanjutnya menggunakan kapal nelayan tim gabungan pada malam hari berupaya mencoba menyisir disekitar lokasi kejadian.


Satu orang ABK hilang An. Jatmiko usia 35 Tahun jabatan Masinis 1 KMP. Jembatan Musi 1 belum ditemukan, sampai saat ini masih dilakukan pencarian SAR  di Perairan Tanjung Kalian dengan koordinat  02°5’16.13"S 105°7’56.01"E, Pencarian menggunakan sarana Satpolair dan Basarnas menyisir sekitar jarak 2 Mil dari lokasi musibah tenggelam sampai Perairan Karang Aji, Batu Rakit, Pantai Asmara dan sampai kapal-kapal pertamina yang lego jangkar di Perairan Tanjung Ular Perairan Muntok Kab. Bangka Barat.


Hasil pencarian hari kedua saat ini sampai pukul 17.00 Wib Tim gabungan baru menemukan barang bawaan berupa sandal 2 buah dan minuman lemon milik abk di lokasi tidak jauh dari musibah kecelakaan dan diakui oleh abk bahwa barang tersebut benar miliknya. Selanjutnya besok hari ketiga akan di laksanakan debrifing untuk operasi SAR kembali.

Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan mengatakan Posal dan Posmat jajaran Lanal Babel bersama instansi terkait, sesuai arahan KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar bisa memberikan manfaat khususnya ketika pengguna jasa di laut membutuhkan pertolongan terlebih pencarian korban tenggelam bersama instansi terkait.

(Pen Lanal Babel)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA