STOP KANKER SERVIKS, PRAJURIT WANITA LANTAMAL III TES IVA DAN USG


STOP KANKER SERVIKS,  PRAJURIT WANITA LANTAMAL III TES IVA DAN USG

Dispen Lantamal3,- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan TNI AL 9 Oktober yang lalu tahun 2021, Pangkalan Utama TNI AL III Jakarta menggelar rangkaian kegiatan peringatan Harkesal dengan melaksanakan tes USG dan IVA bagi prajurit wanita dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) wanita Lantamal III Jakarta di Balai Pengobatan (BP) Mako Lantamal III Jakarta, Senin(11/10/2021).

Pimpinan Angkatan Laut yang salah satunya Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P. pastinya akan selalu memantau kondisi pisik dan kesehatan prajuritnya melalui uji pemeriksaan kesehatan (urikes) secara rutin. Tak luput juga bagi prajurit wanita TNI AL dan PNS di Lantamal III. Sebagai upaya dalam pecegahan hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus dalam rangka memperingati Harkesal 2021, Balai Kesehatan Mako Lantamal III Jakarta dipimpin Mayor Laut (K/W) dr.Uce Siswi Prihesti,Sp.OG melaksanakan tes USG dan tes IVA sebagai skrining awal untuk mendeteksi gejala-gejala kanker serviks serta mencegah terjadinya komplikasi penyakit lainnya.


Tes IVA merupakan tes kesehatan yang cukup sederhana dilakukan, cepat  dan akurat serta mudah ini dinilai sangat efektif karena bisa dilakukan dengan sekali datang atau kunjungan tunggal hasilnyapun bisa langsung diketahui oleh pengunjung.  Kegiatan yang diikuti kurang lebih 50 orang ini, selain tes IVA juga dilaksanakan tes USG dengan tujuan untuk mendeteksi masalah kesehatan lainnya sehingga dipastikan prajurit dan PNS wanita Lantamal III benar-benar dalam kondisi sehat lahir dan batin. Apabila dalam pelaksanaan tes tersebut ada temuan, akan langsung ditindaklanjuti untuk dirujuk ke rumah sakit agar tertangani dengan baik.

Sementara itu Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P mengatakan,” Prajurit TNI AL adalah selain terlatih, punya disiplin tinggi dan professional juga harus sehat fisik maupun mentalnya sehingga dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari akan tercapai sesuai target pimpinan,” ujar Farouq.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA